Welcome to my blog :)

rss

Selasa, 01 Mei 2012

NASA Tangkap Sosok Spiral Misterius di Luar Angkasa

NASA Tangkap Sosok Spiral Misterius di Luar Angkasa

Sosok Spiral-Spiral Misterius Mulai Muncul di Angkasa, Bahkan NASA Tangkap Sosok Spiral di Luar Angkasa!

Washington, USA – Foto spiral misterius yang berada di dekat sebuah bintang yang menyala diabadikan teleskop luar angkasa Hubble, milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Foto tersebut diambil menggunakan cahaya infra merah.

Seperti diberitakan situs NASA, hingga kini ilmuwan belum menemukan apa penyebab struktur spiral aneh tersebut. Mereka juga tidak punya ide, mengapa spiral itu juga bersinar. Diduga kuat, spiral terang itu disebabkan cahaya yang dipantulkan bintang-bintang di dekatnya.

Sementara ini, spiral tersebut diduga hasil dari bintang yang berada dalam sistem bintang biner yang memasuki fase planetary nebula ketika ia melepas atmosfer terluarnya.

Foto itu menunjukkan nebula praplanet yang tidak biasa disebut IRAS 23166 1655 yang membentuk selubung debu di sekitar LL Pegasi, bintang di konstelasi Pegasus.

Foto spiral misterius dekat sebuah bintang diabadikan dari wahana antariksa Hubble (National Geographic)

Pola itu menunjukkan asal nebula, terdiri dari debu dan gas melesat keluar dengan kecepatan lebih dari 50.000 kph.

Meskipun namanya planet nebula tapi tidak ada hubungannya dengan planet. Obyek itu memperoleh nama seperti karena ukurannya yang kecil dibandingkan bintang pada umumnya. Dengan tingkat ekspansi dari gas spiral, lapisan baru seharusnya tampak setiap 800 tahun.

Galaksi Berbentuk Spiral
Namun ini bukan “spiral” pertama yang ditangkap Hubble. NASA melalui Teleskop Hubble mengabadikan foto menakjubkan, sebuah galaksi spiralyang jaraknya triliunan mil dari Bumi. Galaksi yang dinamakanNGC 4911 berbentuk melingkar, seperti roda.

Galaxy NGC 2911

Galaksi itu terletak 320 juta cahaya dari Bumi — tepatnya di ‘Coma Cluster’ — yang terdiri dari 1.000 galaksi dan kumpulan bintang-bintang yang mirip dengan Galaksi Bima Sakti.

NASA memberi judul gambar itu, ‘Island Universe’ atau ‘Pulau Alam Semesta’ — menunjukkan wajah megah galaksi spiral di konstelasi Coma Berenices utara, di tengah lautan bintang-bintang.

Galaksi ini terdiri dari jalur yang kaya debu dan gas di dekat pusat lingkaran galaksi.

Spiral-Spiral di Angkasa Mulai Bermunculan
Penampakan spiral lainnya juga pernah dilaporkan oleh sejumlah saksi mata namun bukan diangkasa luar, melainkan di langit Bumi!

Pertama kali dilaporkan ada penampakan asap berbentuk spiral yang berputar di atas langit di wilayah China pada tahun 1988, namun pada saat itu media tak menyoroti secara global dan tertelan oleh waktu.

Penampakan lainnya terjadi diwilayah Norwegia, Eropa pada tahun 2009. Bahkan penampakan spiral ini menjadi kontroversi dan spekulasi serta perdebatan di forum-forum dunia internet.

Cahaya spiral (spiral light) di langit Norwegia

norway sky spiral phenomena

Ada yang menganggap spiral ini adalah “pintu gerbang dimensi” alias pintu gerbang ke dimensi lain yang digunakan para alien. Ada pula yang menyebutkan bahwa ini adalah permainan perangkat lunak atau software canggih CGI effect.

Selain itu banyak pula yang menganggap bahwa ini efek hologram tiga dimensi dari proyek sangat rahasia “Blue Beam” yang sedang diuji coba. Ada juga yang mengatakan bahwa ini adalah efek akibat pancaran gelombang elektromagnet ke atmosfir yang juga proyek sangat rahasia pengendali cuaca, “HAARP“.

Bahkan ada juga yang menilai ini adalah efek cahaya dari sebuah missile yang gagal diluncurkan oleh Russia. Akibat kegagalannya, missile ini membuat gerakan berputar-putar dan membentuk awan spiral di angkasa.

Norway spiral effect yang terlihat diangkasa dipercaya akibat kegagalan peluncuran sebuah missile milik Russia

Hingga kini penampakan spiral diatas langit Norwegia tidak ada yang tau pasti. Bahkan spiral ini jauh lebih mirip seperti apa yang ditangkap oleh teleskop Hubble dibanding sosok sebuah galaksi.

Namun yang paling masuk akal adalah spiral diatas Norway pada tahun 2009 tersebut bisa jadi adalah efek cahaya dari sebuah kegagalan peluncuran missile milik Russia.

Akhirnya, setahun sesudah adanya penampakan spiral di langit Norwagia yang misterius pada tahun 2009 tersebut, kini giliran di Australia terlihat spiral serupa diangkasa Australia..!

Namun hingga kini belum ada yang tahu persis, apa itu sebenarnya…? Semakin banyak teori yang disampaikan, semakin membuatnya menjadi tak pasti. (sm/ar/vs/inl/icc.wp.com)

0 komentar:

Posting Komentar